Kejuruan Desain Komunikasi Visual (DKV)


Buat kamu yang memiliki tingkat kreativitas tinggi serta suka hal-hal yang berbau seni, kayaknya kamu harus masuk Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) deh!

Di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu bisa mengembangkan ide-idemu menjadi karya-karya yang bisa dinikmati secara visual baik itu karya 2D atau 3D dengan output digital. Seiring berkembangnya era digital, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) memiliki prospek kerja yang sangat bagus karena kebutuhan digital menjadi salah satu aspek penting bagi sebuah perusahaan.

Nah, kalau kamu tertarik dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), kita akan ulas secara lebih dalam ya, yuk di simak!

 

Apa itu Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)?

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan sebuah Program Studi yang merupakan cabang ilmu seni. Perbedaannya adalah kamu akan lebih banyak mempelajari ilmu tentang penyampaian pesan (komunikasi) dengan menggunakan elemen-elemen visual atau rupa. Nantinya, kamu harus mengolah pesan tersebut secara informatif, komunikatif, efektif dan sekreatif mungkin agar pesan yang disampaikan bisa dimengerti banyak orang dengan memperhatikan unsur-unsur visual seperti bentuk, warna, tekstur, ruang, huruf dan segala hal yang berkaitan dengan visual (penglihatan).

Awalnya, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) lebih dikenal dengan sebutan Desain Grafis, namun seiring perkembangan, istilah Desain Grafis berubah menjadi DKV. Perbedaan paling mendasar terletak pada medianya, Desain Grafis mengacu pada ruang lingkup grafis 2D (gambar) di media cetak, sedangkan DKV berkembang dan ruang lingkupnya lebih luas lagi dalam bentuk grafis 3D serta grafis bergerak lainnya di media-media digital yang lebih interaktif.

Materi Kuliah Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Seperti yang dijelaskan di atas, kamu akan mempelajari dan mendalami materi seperti Rupa Dasar 2D, Pengantar Rekayasa dan Desain, DKV Aplikatif, Tipografi Aplikatif, Metode Produksi, Komunikasi Visual, Narasi Visual, Motion Graphic, Grafis Portofolio, Komunikasi Visual Periklanan, Media Interaktif, Fotografi, Ilustrasi Dasar, Animasi, Visual Branding, Videografi, dan mata kuliah lainnya sesuai dengan kurikulum dari universitas atau perguruan tinggi yang nantinya bakal kamu pilih sebagai tempat kamu melanjutkan pendidikan. Namun secara umum, kamu akan mendapatkan materi kuliah seperti yang sudah disebutkan.

Selama 3 tahun kamu akan terbiasa menggunakan beberapa software yang berhubungan dengan desain grafis seperti, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe Premier, CorelDraw, SketchUp, dll. Oleh karena itu, kamu juga akan banyak mendapatkan materi dari setiap software yang mendukung atau menunjang untuk membuat karya secara digital.

Prospek Kerja Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Sebagai seorang lulusan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), kamu akan memiliki peluang kerja yang sangat luas, terutama di industri kreatif. Prospek kerjanya antara lain agensi periklanan, konsultan branding, perusahaan penerbitan, pengembang web, humas di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan.

Tak hanya itu secara spesifik kamu bisa menempati beberapa posisi pekerjaan seperti, Desainer, Art Director, Creative Director, Graphic Designer, Multimedia Designer, Commercial Artist, Akademisi atau Dosen, Video Editor, Illustrator dan posisi lainnya yang bersinggungan dengan Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV).

Yang lebih menarik kamu juga bisa memanfaatkan keahlian kamu dengan bekerja sebagai freelance atau pekerja lepas sebagai product designer, animator video atau pekerjaan lainnya yang memiliki kebutuhan Desain Komunikasi Visual.

Alasan Harus Masuk Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kalau kamu memiliki jiwa seni atau ide-ide yang kreatif serta kemampuan dalam dunia desain secara lebih dalam Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu pilih.

Karena memasuki era digital seperti yang sekarang kita jalani, kebutuhan untuk desain-desain di seluruh perusahaan akan sangat besar dan terbuka lebar. Tentu ini menjadi peluang yang bagus jika kamu ingin mengeksplor dan mengasah bakat kamu. Selain itu, kemampuan yang kamu miliki, bisa dimanfaatkan dengan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat freelance (pekerja lepas). Jadi fleksibilitas di dunia ini menjadi nilai tambah buat kamu yang mampu memanage waktu pekerjaan dengan baik.

Lebih dari itu, kamu bisa menikmati pekerjaan kamu dengan passion yang dimiliki karena Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)memang terbilang paling oke untuk kamu yang suka dan memiliki bakat tersendiri dalam dunia desain. Itung-itung bekerja sekaligus menyalurkan passionnya pasti akan terasa lebih menyenangkan!

Nah itu dia ulasan seputar Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), buat kamu yang tertarik, jangan ragu lagi buat milih Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), karena secara prospek kerja juga jelas dan jenjang karir yang cukup menjanjikan di era digital seperti sekarang!

 

Pendaftaran Peserta Didik Baru

Tahun Pelajaran 2022-2023

Kerjasama

Kerjasama dengan perusahaan, lembaga, instansi, dll.